Blogroll

GN

Senin, 27 Februari 2012

Menyiasati perbedaan keberuntungan

Menyiasati perbedaankeberuntungan 

Saya terpaku membaca buku yang di tulis oleh Heri Kusrianto judulnya peluang kaya dari tanggal lahir, apakah tanggal lahir seseorang berpengaruh dengan masa depannya? lalu bagaimana bila yang lahir misalnya tanggal, bulan dan tahun yang sama punya peluang untuk kaya atau sukses secara bersama-sama?
dengan penuh rasa penasaran saya coba memahaminya, tapi saya kesampingkan dulu masalah tanggal, bulan dan tahun kelahiran karena baru sampai di 3 bagian yang menentukan seseorang itu bisa sukses atau tidak sudah menjawab pertanyaan saya, tapi bagaimana dengan anda?

hidup adalah misteri yang tidak mudah kita pahami karena akan selalu berubah-ubah sesuai dengan tingkat kemampuan orang dalam memaknai apa yang di dapatnya dalam keseharian, baik yang di dapat dari keluarga, sekolah atau tempatnya mereka bergaul.
skenario atau panggung sandiwara itulah yang saya pahami, bayangkan seorang barrack obama yang berkulit hitam bisa menjadi orang nomor satu dan sekaligus orang kulit hitam pertama yang jadi presiden di Amerika Serikat, kitapun berdecak kagum dan bangga bahkan kita kaget ternyata barrack obama pernah bersekolah di Indonesia walaupun hanya sebentar saja.
kitapun sering membayangkan kawan-kawan kita waktu sekolah dulu di SD (sekolah dasar), SMP (sekolah menengah pertama) dan SMA (sekolah menengah atas) sekarang ada di mana ya? atau sudah jadi apa mereka? adakah yang sukses, lalu siapa saja? dan siapa juga yang hidupnya ternyata sulit, terlunta-lunta akibat tidak mendapatkan pekerjaan atau kena PHK? apakah kawan kita yang dulu paling akrab masih ingat pada kita?
lalu kitapun mencoba menapak tilas bagaimana kita dulu, dan bagaimana sekarang lalu bagaimanakah atau siapakah kita di masa yang akan datang?
adakah cara untuk meraih kemudahan dalam mencapai kesuksesan secara finansial?, bagaimana mungkin orang yang sudah berjuang mati-matian masih saja hidupnya susah, padahal orang yang kelihatannya santai saja bisa hidup sukses?
inilah misteri hidup manusia yang sama sekali tidak bisa diduga. keadaan bisa saja berubah begitu cepatnya, dari hidup kekurangan tahu-tahu berubah dipenuhi dengan segala kemewahan atau malah sebaliknya.

ada 3 bagian yang menentukan seseorang itu bisa sukses atau tidak, seperti:

faktor garis keturunan dari mulai wajah, postur tubuh dan segala sesuatu yang di wariskannya dari mulai dilahirkan sampai status sosial orang tua, tempat tinggal dan faktor lingkungan yang harus dia terima tanpa bisa memilih.

faktor yang berasal dari lokasi tempat tinggal dan lokasi tempat bekerja dalam rangka mencari nafkah hidupnya.

faktor yang di tentukan diri sendiri, seperti sekolah atau belajar kursus, meningkatkan kemampuan diri dalam hal-hal tertentu, bekerja keras, bergaul secara luas dsb yang pada dasarnya bisa di lakukan atas kesadaran diri sendiri.

setelah membaca tulisan ini kira-kira dimana posisi kita saat ini?
 
Diterbitkan di: 16 Desember, 2011   
oleh: muliasri     Pengarang : herikusrianto



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar