Blogroll

GN

Sabtu, 25 Februari 2012

Selamat Datang Realitas


....:::~๑۞๑~ PhILosoPHy (Forum Diskusi FiLSafAt) ~๑۞๑~:::....

Berapa Besar Ukuran Alam Semesta?

Pikiran manusia tidak mungkin dapat memahami gambaran yang sesungguhnya tentang ukuran alam semesta. Kita bukan hanya tidak mengetahui berapa besar ukurannya, juga sulit untuk membayangkan seberapa besarnya alam semesta ini.
Jika kita mulai dari bumi dan bergerak, kita akan mengetahui mengapa hal itu demikian. Bumi adalah bagian dari tata surya, tetapi merupakan bagian yang sangat kecil. Tata surya terdiri dari matahari, planet-planet yang mengelilingi matahari, asteroid-asteroid yang merupakan planet yang sangat kecil, meteor-meteor, dll.
Sekarang, keseluruhan tata surya kita ini semata-mata adalah bagian yang sangat kecil dari tata surya lain yang jauh lebih besar yang dinamakan "galaksi". Sebuah galaksi terdiri dari jutaan bintang, yang banyak di antaranya jauh lebih besar dari matahari kita, dan mungkin mempunyai tata surya sendiri.
Jadi, bintang-bintang yang kita lihat dalam galaksi kita, yang kita namakan "Bimasakti", semuanya adalah matahari. Bintang-bintang itu demikian jauh letaknya sehingga jaraknya diukur dalam tahun cahaya dan bukan dalam mil. Cahaya bergerak dengan kecepatan kira-kira 6.000.000.000.000 mil per tahun. Bintang yang paling cemerlang dan paling dekat dengan bumi adalah Alpha Centauri. Tahukah kamu berapa jaraknya? 25.000.000.000.000 mil!
Tetapi kita hanya membicarakan tentang galaksi kita sendiri. Konon lebarnya kira-kira 100.000 tahun cahaya. Ini berarti 100.000 kali 6.000.000.000.000 mil! Dan galaksi kita hanyalah bagian yang sangat kecil dari tata surya yang lebih besar!
Kemungkinan besar ada jutaan galaksi di luar galaksi Bimasakti. Dan mungkin gabungan dari semua galaksi ini hanya merupakan bagian dari tata surya yang lebih besar!
Jadi kamu tahu mengapa tidak memungkinkan bagi kita untuk memperoleh gambaran tentang ukuran alam semesta. Kadang-kadang para ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta ini mengembang. Ini berarti bahwa setiap beberapa miliar tahun, dua buah galaksi masing-masing akan menjadi dua kali lebih besar dari ukuran sebelumnya!

 .....................................................................

 Matahari adalah sumber energi terbesar tata surya kita, manusia adalah entitas yang tercipta dari proses materialisasi energi. Seluruh dalam diri manusia termasuk perasaan dan pikiran adalah manifestasi energi. Disini kita kenal hukum kekekalan energi.
Energi radiasi matahari yang berbentuk energi kinetik diubah menjadi bentuk energi potensial. Energi matahari ditangkap oleh klorofil pada tumbuhan, diubah menjadi energi kimiawi melalui proses fotosintesis. Energi kimiawi disimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya sebagai energi ikatan. Energi ini akan pindah kedalam tubuh manusia jika manusia memakan tumbuhan itu. Oleh karenanya manusia dapat hidup, melakukan pergerakan dan berpikir untuk memenuhi nasib dan takdirnya.
Energi itu tidak pernah musnah, dia hanya terkonversi, berpindah tempat, berubah wujud, namun sifat dan kharakteristiknya tetap sama. Maka potensi pikiran kita (kecerdasan dan ketertarikan intelektual) bukanlah hanya berasal dari dalam diri dan hasil pengalaman hidup kita, tetapi jauh lebih sublime, dia berasal dari energi primordial yang terwariskan secara terus menerus selama eksistensi semesta lewat wujud siklus perputaran energi.

 .....................................................................

 Fatwa Machiavelli ra bahwa manusia yang bijaksana mampu mengendalikan nasib dan takdir:

Saya percaya bahwa Alam telah menciptakan manusia dengan takdir yang berbeda, jadi dia telah menciptakan mereka dengan berbeda kapasitas intelek dan imajinasi. Akibatnya, setiap orang berperilaku sesuai dengan akal dan imajinasi sendiri.
Seseorang yang melakukan hal sama, tetapi bukan berarti hasilnya juga sama. Seseorang dapat melakukan tindakan yang berbeda, namun kadangkala hasilnya sama.
Ternyata seorang pria memiliki keberuntungan yang baik pada satu waktu dan ketidakberuntungan di lain waktu. Dan siapa pun yang cukup bijaksana untuk beradaptasi dan memahami peta dan pola peristiwa selalu akan bernasib baik, sebab dia akan selalu menjaga diri dari nasib buruk. Sehingga kita lihat bahwa kerapkali orang bijak nampak mampu mengendalikan bintang-bintang dan Takdir. ~ Machiavelli Letter ~

 .....................................................................

 Kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan? (Al Baqarah 28).

Sepanci air mendidih yang diceburkan pada air suhu ruangan didalam bak mandi, akibatnya air pada suhu ruangan didalam bak mandi ikut menghangat hingga sampai pada waktunya, maka air suhu ruangan di bak mandi tersebut kembali pada suhu sebelum diberikan air mendidih. Lantas kemanakah energi dari air mendidih yang tadi bekerja menghangatkan air dalam bak mandi tadi? Apakah lenyap? Tidak, sebab hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat hilang. Proses perlahan2 transfer energi dari air mendidih untuk menghangatkan air suhu ruangan adalah energi yang terbuang ketika manusia memanfaatkan kegunaan air mendidih untuk menghangatkan air bak mandi. Namun energi itu bukan hilang, dia hanya menuju kepada keseimbangan entropi. Yaitu dimana air mendidih tidak hanya menghangatkan wilayah lingkup air bak mandi yang terisi, namun juga menghangatkan seluruh jagad raya ini. Namun karena nilai energi dari seember air mendidih terlalu kecil di mata alam semesta ini, maka ia hanya mampu berpengaruh secara besar dalam lingkup bak mandi, dan itupun hanya pada waktu terbatas. Walaupun secara makro, energi sepanci air mendidih itu turut mengisi peran menentukan suhu dalam jagad raya ini. 

 .....................................................................

Gerak Brown
Memahami fenomena manusia dari aspek fisikanya. Organisme kawin, melahirkan, membiak, mereplikasi dirinya. Unit terkecil dari makhluk hidup adalah sel.
Sel terdiri dari asam amino, nukleotida, gula dan asam lemak, bahan ini merupakan persenyawaan rumit dari konversi energi matahari yang disintesis tanaman berklorofil yang kita makan.
Di dalam inti sel ada DNA, dia adalah susunan materi organik pembawa kode genetik. DNA adalah bentuk panjang dari polimer, sedangkan polimer sendiri adalah rantai berulang dari atom yang juga panjang
Dalam buku What is life? The Physical Aspect of the Living Cell (1944), Erwin Schrodinger mengajarkan kita memandang lebih sederhana lagi, maka kita membicarakan kimia anorganik, pergerakan molekul2 dan reaksi atom. Maka takdir, nasib, sifat, jenis kelamin, warna kulit, bentuk tubuh, kepribadian manusia tidak lain adalah variasi dari komposisi kimia, pergerakan molekul dan reaksi atom.
Erwin Schrodinger memberi penekanan pada Pergerakan Brownian, bahwa takdir dan nasib manusia adalah pergerakan irasional dari sesuatu yang kacau (Gerak Brown adalah tumbukan partikel satu sama lain dalam udara bebas sehingga menyebar secara zig-zag dan tidak pernah diam, dipengaruhi gravitasi, bahkan meningkat seiring pertambahan suhu). Itu sebabnya Schrodinger berspekulasi, bahwa seluruh organisme adalah imbas hanya dari pergerakan satu-dua molekul.
Bagai segelas air yang diisi zat pewarna, dimana molekul pewarna akan menyebar keseluruh penjuru, dengan wilayah kerapatan pewarnaan tinggi menendang molekul zat warna ke wilayah kerapatan pewarna rendah. Sekarang Pergerakan Brown diaplikasikan oleh ilmuwan untuk mempelajari alam semesta, bintang, memprediksi ledakan hama, migrasi burung hingga pergerakan pasar saham. ~ Yrgn Zevi ~
(bersambung…)
http://id.wikipedia.org/wiki/Gerak_Brown
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_koloid
http://www.youtube.com/watch?v=brRLLObw30Y&feature=related

 .....................................................................

Tahun yang berganti itu tidak akan pernah memiliki makna, hanya sekedar merayakan umur kita yang semakin meningkat dan semakin besar peluang seorang anak manusia menuju kubur. Tahun yang berganti berubah menjadi bermakna jika kita mulai menyadari kebebasan kita sebagai manusia yang hidup dengan bebas sesuai potensi fitrah. Mari bebaskan pikiran kita, gelorakan semangat, dan raih impian. Sesungguhnya seorang nabi itu tidak akan pernah ada kecuali jika dia berani mengambil inisiatif untuk mematerialkan impian metafisisnya lewat proses kerja keras, darah dan perang. Seperti pedang baja tempa Damaskus atau proses memperoleh berlian manikam. Pengorbanan, Keberanian dan keringat menentukan kualitas seseorang. Bebaskan fitrah anda, sucikan diri anda dari hukum buatan manusia, atau konspirasi politikus kotor, pendidikan, perbudakan kapitalis, bunga bank dan statistik, bebaskan sekarang impian anda dari belenggu. Ingat berbuat benar dapat dua pahala, berbuat salah dapat satu, tetapi kalau tidak berani bertindak, maka dia tidak dapat apa-apa, hanya laknat beserta pengecut kehidupan. Bersinarlah seterang mungkin wahai filsuf, bagai Orion yang menghapus cahaya jutaan bintang-bintang pudar lain, bersinarlah bagai tidak pernah ada yang namanya gelap. Tidak ada yang mampu membatasi diri anda kecuali Tuhan, dan Dia hanya bersama orang yang yakin pada fitrah kebebasan akal.
 .....................................................................

 Kita semua adalah anjing!
Kita adalah anjing dengan puluhan tuan!
Tuan budaya mengikat kita, tuan Negara mengekang kita, tuan hukum membatasi, tuan dogma merantai kita, tuan kepatutan sosial memecut, tuan etika pergaulan menjebak, tuan stratifikasi sosial menipu, tuan politik merampas hak2 kita.
Sedangkan Manusia harus pada proses menuju kesadaran, dan dia berevolusi. Seorang Manusia dulunya adalah anjing, hanya ketika dia menyadari jerat pada lehernya dan menggigit putus kekang yang digunakan membatasi diri, dan dia baru mampu menjadi manusia seutuhnya.
http://www.hermes-press.com/reich.htm (review)
http://wikilivres.info/wiki/Listen,_Little_Man! (naskah komplit)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar