Blogroll

GN

Senin, 12 Maret 2012

Vatikan Angkat 120 Gerombolan Bandit Sebagai Santo


Xinhua News Agency merilis sebuah artikel ditandatangani panjang 2 Oktober mengekspos warna yang benar dari beberapa 120 misionaris asing dan antek Cina mereka yang dianugerahkan "kesucian" pada hari Minggu oleh Vatikan.

Artikel ini dikategorikan orang-orang "kudus" menjadi tiga kelompok:

- Kelompok pertama adalah para misionaris asing yang membantu kolonialis dan imperialis untuk menyerang dan menjarah Cina.

- Kelompok kedua adalah umat Katolik Cina melayani sebagai "antek dan antek" dari misionaris asing yang terkenal karena kejahatan mereka.

- Sisanya adalah umat Katolik Cina yang tewas dalam perjuangan orang-orang Cina dalam perlawanan terhadap misionaris asing, yang telah mengambil keuntungan dari perjanjian tidak setara dikenakan pada Cina untuk tiran dan menggertak orang-orang di Cina. Para umat Katolik Cina yang tewas dalam periode waktu menjadi korban invasi imperialis dan berkorban bagi kekuatan kolonialis gereja.

Dari 120 "orang-orang kudus," 17 dieksekusi oleh pemerintah Dinasti Qing karena melanggar larangan abad ke-panjang pemerintah berkhotbah misionaris asing, yang mulai berlaku pada tahun 1717, 15 meninggal dalam "kasus agama" di mana orang-orang Cina berperang melawan penindasan terhadap gereja-gereja asing antara 1840 dan 1900; ada 86 yang tewas dalam Pemberontakan Boxer pada tahun 1900, sebuah gerakan petani untuk melawan invasi asing, dan dua meninggal pada 1930.

Dari "dikanonisasi" 1 Oktober, 33 misionaris asing, dan 87 orang Cina.

Artikel itu mengutip beberapa kasus dari "orang-orang kudus dikanonisasi" sebagai berikut:

Kasus I: "Saint" Auguste Chapdelaine (1814-1856)

Menurut perjanjian yang tidak setara dipaksakan pada Dinasti Qing pada tahun 1844 oleh pemerintah Perancis, misionaris Prancis diizinkan untuk berkhotbah di lima kota-kota pelabuhan yang ditunjuk dari Cina tetapi tidak di daerah pedalaman.

Tapi Auguste Chapdelaine, seorang imam Prancis dengan nama Cina "Malai," diam-diam memulai misinya ke provinsi Hunan dan Guizhou di Cina tengah dan barat pada tahun 1852. Pada tahun 1855, ia pergi ke Xilin kabupaten di Guangxi. Menurut banyak arsip, ia bekerja sama dengan para pejabat setempat yang korup, memperkosa perempuan-perempuan dan terkenal di daerah tersebut.

Chapdelaine menentang adat Cina kuno menyembah leluhur dan memerintahkan semua pengikutnya untuk menghentikan praktek-praktek tersebut dan melarang mereka untuk menikah anak-anak mereka kepada siapa pun selain penganut Katolik, yang menyebabkan banyak keluarga dan permusuhan klan.

Dia bahkan terpaksa menggunakan bandit lokal untuk memperluas nya "pengaruh evangelis." Dia menyuap pejabat lokal sehingga bandit tidak akan dihukum.

Itu juga diketahui bahwa ia hidup bersama dengan seorang janda yang menarik dengan nama Cao, dan diinduksi wanita cantik lainnya untuk bergabung dengan gereja sehingga dia bisa main-main dengan mereka.

Ketika pengikut gereja menikah, ia memegang massal untuk mereka dan berkali-kali ia memperkosa pengantin, menurut arsip yang dikutip masyarakat lokal dalam Xilin.

Masyarakat lokal jengkel membawa gugatan terhadapnya di pemerintah daerah, dan seorang hakim county baru ditunjuk oleh nama Zhang Mingfeng menjatuhkan hukuman mati menurut hukum Qing.

Ini adalah Kasus Agama Xilin, cukup terkenal dalam sejarah, yang memberikan pemerintah kemudian Prancis dalih untuk berkolaborasi dengan Inggris dalam memulai Perang Candu kedua di 1856, yang kemudian membawa kesengsaraan bahkan lebih untuk orang-orang China.

Kasus II: "Saint" Albericus Crescitelli (1863-1900)

Hanya menyebutkan ini nama Italia misionaris Cina "Guo Xide" masih membangkitkan kemarahan dan perasaan terhina pada orang lokal di daerah Propinsi Shaanxi Yanzibian barat laut China.

Ia pergi ke daerah ini untuk berkhotbah di 1898 dan memerintahkan semua anak-anak perempuan pengikut gereja-Nya harus "dibaptis" oleh dia pada malam pernikahan.

Tidak ada yang bisa melarikan diri dari diperkosa oleh "suci." Para istri lokal Katolik Pan Changfu, Zheng Ganren dan Yang Hai semua telah diperkosa oleh misionaris sebelum menikah.

Dia dirampok real estate dan tanah masyarakat setempat, memaksa orang untuk menyumbangkan dan menjarah kekayaan mereka. Dia aktif dikonversi tiran lokal, bandit dan hooligan untuk membantu dia memeras "pajak" dan jasa tenaga kerja.

Pada tahun 1898, daerah itu sangat kebanjiran, dan Albericus Crescitelli adalah "resmi" untuk membagikan bantuan pemerintah dari pemerintah Dinasti Qing. Tapi dia mengatakan kepada petani penderitaan yang mereka harus bergabung dengan gereja-Nya dalam rangka untuk mendapatkan lebih banyak bantuan. Dia juga meminjamkan uang kepada petani pada tingkat bunga yang sangat tinggi.

Orang lokal memutuskan maka mereka tidak bisa lagi disiapkan dengan berbuat dosa ini sehingga mereka membunuhnya saat senja di tahun 1900.

Kasus III: "Saint" Franciscus de Capillas (1607-1648)

Dia adalah seorang misionaris Spanyol yang datang ke Taiwan pada tahun 1641 dan kemudian ke propinsi Fujian.

Dia memiliki kecenderungan untuk mengkonversi wanita muda dan menyebabkan instabilitas domestik dan perceraian. Seorang wanita muda dengan nama Chen dalam Xiapi, sebuah desa di Fu'an di provinsi Fujian telah terlibat. Capillas mengatakan bahwa dia harus tetap perawan dan memaksanya untuk memutuskan pertunangan. Pada akhirnya, wanita muda jatuh ke tangannya dan diam-diam.

Itu juga diketahui bahwa ia melanggar aturan selibat Katolik dan melakukan perzinahan dengan seorang janda yang kemudian melahirkan seorang gadis.

Bersama dengan kejahatan lainnya, ia dibawa ke ruang sidang pemerintah, dan dia ditangkap pada tahun 1647 dan dieksekusi pada 1648.

Artikel tersebut juga terkena kegiatan penyelundupan Franciscus Fogolla, juga seorang "santo" dalam upacara kanonisasi dipuji Kuria Romawi.

Dia mengumpulkan banyak "hadiah" ketika ia berada di provinsi Shanxi Taiyuan, sebagian besar patung perunggu dan peralatan perak, dan membawa 40 kotak barang antik Cina yang berharga ke Italia.

"Menjadi seorang misionaris asing dia mengumpulkan peninggalan Cina banyak dan diperdagangkan mereka untuk 'sejumlah besar uang," dia hanyalah penjahat misionaris, "kata artikel itu.

Artikel tersebut juga mengutip beberapa antek Cina terkenal dari para misionaris asing.

Petrus Wu Guo-Sheng (1768-1841), yang "dikanonisasi" kemarin, tinggal di Longping, Zunyi dari provinsi Guizhou. Dia dibenci di daerah itu untuk memaksa orang untuk pergi ke gereja dengan mengandalkan asing dengan pengaruh sana. Bahkan anak 3-tahun, apalagi orang lain, yang lulus gerbang-Nya, akan dipaksa untuk pergi ke rumahnya untuk membaca ayat-ayat dari Alkitab.

"Saint" Augustinus Zhao Anak tangga (1746-1815), orang Cina pertama "dikanonisasi" oleh Vatikan, dikenal di China untuk meluncurkan serangan verbal terhadap Buddhisme dan Taoisme. Dia tinggal di Wuchuan County provinsi Guizhou.

"Saint" Ioannes Baptista Luo Ting-Yin (1825-1681) Guiyang, ibukota Guizhou, dikenal untuk memukul sekelompok anak-anak di depan gereja, karena ia berpikir bahwa lagu-lagu rakyat bahagia mereka itu merupakan penghinaan terhadap Tuhan.

Artikel ini mencatat bahwa beberapa umat Katolik Cina telah menjadi korban dalam perjuangan melawan invasi imperialis dan kolonialis. Tapi kematian mereka pasti menyebabkan retorsion lebih gila dari penjajah, dan menyebabkan kematian lebih dari orang-orang Cina sebagai hasilnya.

"Para orang Cina selalu menjadi korban utama dari penjajah imperialis dan kolonialis, serta kaki mereka - para misionaris asing," kata artikel itu.

Buku sejarah Cina adalah bukti bahwa ada berbagai kejahatan yang dilakukan oleh misionaris asing mengandalkan perjanjian tidak sama dikenakan pada Cina, tetapi Vatikan tidak hanya menolak untuk bertobat kepada orang-orang Cina, tetapi juga pergi sejauh untuk mendistorsi sejarah dengan mempercantik kriminal mengerikan mereka perbuatan, artikel menunjuk keluar.

Vatikan telah mengatakan bahwa kanonisasi yang telah dimaksudkan untuk "menghormati" orang-orang Cina, kata-katanya, namun menyenangkan, bisa dengan tidak berarti menutupi upaya nyata untuk melayani anti-tujuan politik Cina, dan kembali kontrol atas organisasi Chinesereligious dan ikut campur dalam urusan agama Cina, artikel menyimpulkan.

http://english.people.com.cn/english/200010/02/eng20001002_51751.html
http://english.peopledaily.com.cn/200010/06/eng20001006_51892.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar