Blogroll

GN

Kamis, 08 Maret 2012

Cari Tingkat Kekayaan Anda Lewat Analisa Tanggal Lahir !

Indonesian Book Review: Peluang Kaya dari Tanggal Lahir - Misteri Kaya & Miskin
This is my review for Indonesian ba zi book titled "Peluang Kaya dari Tanggal Lahir - Misteri Kaya & Miskin menurut metafisika Tiongkok" from Heri Kusrianto. Since it is a Indonesian book, so I write the review in Indonesia language. I hope the moderator doesn't mind.

Ini adalah review saya untuk buku yang berjudul "Peluang Kaya dari Tanggal Lahir - Misteri Kaya & Miskin menurut metafisika Tiongkok" oleh Heri Kusrianto.

Buku yang tebalnya kurang-lebih 150 halaman ini yang sesuai dengan judulnya lebih banyak membahas cara melihat peluang kekayaan seseorang dengan menggunakan ilmu Empat Pilar (4P) atau Ba Zi. Saya pribadi melihat buku ini lebih ditujukan untuk orang awam. Pertama-tama di bagian awal, buku ini mengenalkan apa itu Empat Pilar, kalendar matahari, prinsip utama dan teori empat pilar, lima elemen, batang langit, cabang bumi, dsb. Penjelasannya tidak terlalu mendalam tapi lumayan jelas. Yang menarik di bagian ini adalah dijelaskannya prinsip keseimbangan dari empat pilar, seperti prinsip tidak terlalu panas atau terlalu dingin, kemudian pengkategorian elemen empat pillar menurut suhunya, misalnya air itu dingin, kayu itu netral, api itu panas, simbol kerbau dan naga adalah dingin, dst.

Buku ini tidak mengajarkan cara membuat bagan atau rangka 4P anda, namun di buku ini telah disediakan bonus cd berisi piranti lunak (aplikasi) untuk menghitung 4P. Aplikasinya tergolong sederhana saja, dimana hanya bisa menghitung bagan kelahiran dan pilar 10 tahunan. Batang langit dan cabang buminya tidak ditulis huruf pin yin nya, melainkan hanya menggunakan gambar saja. Jadi ini memperjelas bahwa buku ini dan aplikasiya lebih ditujukan untuk orang awam. Kalau anda suka browsing Internet, sebenarnya kita bisa menemukan aplikasi 4P gratisan yang lebih bagus daripada yang disediakan oleh buku ini.

Untuk penjelasan Batang Langit (BL) nya, saya mendapati penjelasannya cukup baik dan dilengkapi dengan ilustrasi yang lumayan bagus. Batang langit dijelaskan berdasarkan karakter pribadi manusia maupun secara simbolik, misalnya Jia (Kayu Yang) digambarkan sebagai pohon besar seperti pohon beringin yang kokoh dan tegak lurus. Sedangkan Yi (Kayu Yin) digambarkan sebagai pohon berbatang kecil seperti pohon tomat, tumbuhan berbunga, dsb. Menurut karakter pribadi manusianya, Jia mewakili pribadi yang kaku, cenderung keras kepala, dan sulit berubah. Sedangkan Yi dikatakan jauh lebih fleksibel dan mudah beradaptasi dibandingkan Jia. Untuk Cabang Bumi (CB), tak banyak yang dijelaskan. Untuk istilah Batang Tersembunyi (Hidden Stem) disebut dengan Komposisi. Satu hal yang mengganggu dalam bagian ini adalah terdapat banyaknya kesalahan penulisan huruf Pin Yin untuk beberapa BL dan CB. Misalnya Zi (tikus) ditulis dengan Tzi. Ji (tanah yin) ditulis dengan Zi.

Ketika sudah masuk pada bagian Elemen Pribadi (EP), atau yang biasa kita kenal dengan istilah Day Master (DM), akan dijelaskan mengenai siklus lima elemen, empat musim, dan apa itu Resource, Output, Pengontrol, elemen Teman dan elemen Harta. Tentu saja saya yakin anda sudah tidak asing dengan kata-kata tersebut. Ya, benar, itu tak lain adalah Sepuluh Dewa atau Ten Gods. Namun di buku ini tak ada penjelasan apa itu Ten Gods dan tak ada penjelasan Ten Gods menurut polaritasnya. Jadi, tak ada istilah Indirect Resource (Pian Yin) atau Direct Resource (Zheng Yin), yang ada hanya Resource saja. Mungkin seperti yang telah saya singgung di atas, buku ini memang untuk orang awam atau memang mungkin pak Heri menganggap hal-hal tersebut tidak terlalu penting untuk dibahas secara mendalam. Kemudian juga, urutan pembahasan dari Resource, Output, dsb tidak sistematis atau berurutan, contohnya: Output dijelaskan pada halaman 23, tapi elemen Teman (Bi Jie) dijelaskan pada halaman 104. Ketidakberaturan isi adalah salah satu kelemahan buku ini, menurut saya.

Seperti pada pelajaran Ba Zi dasar umumnya, pak Heri membagi bagan kelahiran menjadi dua jenis menurut elemen pribadinya, yaitu lemah dan kuat. Untuk bagan spesial seperti follow the leader, dll, hanya disinggung secara singkat saja pada bagian akhir buku. Yang paling saya suka dari buku ini adalah bagian yang membahas cara menentukan EP kuat atau lemah. Pak Heri memberikan contoh dalam bentuk bagan yang mana menurut saya sangat mudah dipahami. Berikutnya buku ini juga membahas tentang clash dan kombinasi antar BL dan CB, namun hanya secara singkat. Daftar clash dan kombinasi diberikan secara lengkap (sampai penalty dan Liu Hai), namun tak ada penjelasan apa dasar terjadinya kombinasi/clash tersebut dan pengaruhnya terhadap bagan kelahiran, serta tak ada contoh kasus yang membahasnya secara gamblang.

Mendekati bagian akhir, buku ini membahas tentang pilar keberuntungan 10 tahunan (Luck Pillar), pilar tahunan, bulanan, harian, dan jam beserta contoh kasusnya. Contoh kasus dalam buku ini sangat minim dan sederhana. Kira-kira hanya ada enam contoh kasus dan pembahasannya kebanyakan seputar elemen favourable/unfavourable. Yang menarik di bagian akhir barangkali adalah penjelasan cara menilai simpanan kekayaan melalui empat gudang harta atau yang biasa kita kenal sebagai empat tanah kuburan (Chou, Wei, Chen, Xu). Di beberapa halaman terakhir, buku tersebut menjelaskan solusi terhadap bagan yang didominasi elemen buruk atau jika ketemu periode yang buruk. Menurut saya solusinya sangat dangkal dan klise. Contohnya, dikatakan salah satu solusinya adalah meningkatkan Ti (ejaan pin yin yg tepat seharusnya "Di") atau keberuntungan tanah alias feng shui. Ditulis kita harus berpergian, duduk atau tidur menghadap posisi tertentu. Di bawahnya diberikan daftar 8 arah mata angin dan asosiasi elemennya, tapi tidak diberitahu apa yang menjadi acuan penentuan arah tersebut berdasarkan 4P kita. Saya kira pak Heri adalah murid Joey Yap yang baik, karena ia menulis lagi di bawahnya:"Khusus dalam lingkup Ti, pengaturan Feng Shui diperlukan untuk mengatasi atau mengurangi datangnya pengaruh buruk elemen yang tidak kita butuhkan melalui berbagai Pilar. Teknik pengaturan Feng Shui ini tersedia dalam buku yang akan terbit nanti."

Secara garis besar, buku ini lumayan praktis untuk orang awam yang ingin mengetahui keberuntungan kekayaannya atau para pemula yang sama sekali tidak punya akses terhadap buku 4P lainnya tapi membutuhkan sedikit referensi. Namun yang pasti pada akhirnya buku ini tak cocok dijadikan sebagai buku pegangan bagi anda yang serius mendalami 4P. Anda yang telah belajar 4P dari seorang master atau yang telah memiliki buku 4P impor, saya kira tak akan banyak menemukan sesuatu yang baru dari buku ini.

Oh ya, buku ini juga tidak menjelaskan Shen Sha (Symbolic Stars) sama sekali.

 http://www.fivearts.net/index.php?topic=7039.0

 

Deity Cai+ (Bintang Pembantu財)

Terdapat dua macai Cai, yaitu Cai+ () dan Cai- (). Perbedaan keduanya terletak pada sifat Yin Yang-nya. Cai adalah elemen yang dikendalikan oleh elemen diri. Jika elemen diri adalah Kayu, maka Cai adalah Tanah, karena Kayu mengendalikan Tanah. Jika sifat Yin Yang Tanah sama dengan diri (Kayu besar dan Tanah besar atau Kayu kecil dan Tanah kecil) disebut Cai- (), sebaliknya jika sifat Yin Yang Tanah berbeda dengan elemen diri (Kayu besar dengan Tanah kecil atau Kayu Kecil dengan Tanah besar) disebut Cai+ ().
Cai mewakili uang, harta dan keinginan, ia juga mewakili bakat dan kemampuan menyampaikan pendapat, rasa cinta dan nafsu sexualitas. Dalam hubungan kekerabatan, Cai+ dan Cai- adalah ayah dan istri bagi seorang pria, ayah dan godaan lawan jenis bagi seorang wanita.
Cai+ memiliki sifat agak hemat, tidak mengambil bagian orang lain, memiliki pemasukan tetap, jujur dan lainnya. Jika Cai+ menempati posisi penting sebuah Hasta Aksara, ia dapat memilih bekerja pada orang atau menjadi seorang guru.
Mr. Liu lahir pada tanggal 20 September 1956 pukul 5 : 50 pagi. Hasta Aksara (Selatan) nya adalah sebagai berikut :


2 Deity Cai+ () dan Cai- () berada di cabang bumi, cukup banyak harta bisa menjadi miliknya. Di atas Kelinci () terdapat Api kecil (), itulah kordinator semua hartanya. Saat periode hidup Kuda Logam , kehadiran Kuda sama dengan tibanya Api kecil Ding sebagai kordinator harta, Kuda lalu bergabung dengan Macan pada pilar diri, maka semua hartapun menjadi milik dirinya. Kenyataannya pada periode tersebut ia menjadi distributor minyak pelumas, uangpun mengalir deras ke dalam tabungannya, merupakan periode terbaik dalam hidupnya.

Sepuluh tahun kemudian, tiba pada periode hidup Kambing Logam , Kambing adalah gudang Kayu, semua harta miliknya yang berelemen kayu () masuk ke dalam gudang, kebetulan di atas gudang duduk sebuah bintang spekulasi deity Jie (), artinya seluruh hartanya yang ada di dalam gudang akan hilang. Kenyataannya ia jatuh bangkrut karena mempertaruhkan seluruh hartanya di atas meja judi.

Kuala Lumpur, Malaysia. 14 Jan 2012.

Back-up tanggal 17 Jan 2012 di Jakarta.
 祥瑜04 Jan’12

http://xiangyifengshui.blogspot.com/2012/01/deity-cai-bintang-pembantu.html

Sandiaga Salahuddin Uno

Pengusaha muda yang sukses ini lahir di Rumbai, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Sandi tercatat sebagai salah satu pemegang saham PT Andaro, perusahaan batu bara terbesar di dunia. Setelah menyelesaikan pendidikan formal di Kansas, Amerika Serikat, Mei 1990 ia bekerja di Summa Group, Jakarta hingga Juni 1993, di antaranya ia menyelesaikan MBA nya pada 1992. Setelah itu ia pindah bekerja di Singapura hingga 1995, lalu pindah bekerja di Kanada hingga 1998.

Saat krisis moneter terjadi 1997, perusahaan tempat kerjanya bangkrut dan dirinya kehilangan pekerjaan. Ia lalu mencoba mendirikan perusahaan Re-Capital bersama sahabat lama Rosan Roslani pada tahun tersebut, juga Saratoga Capital, sebuah private equity firm yang didirikan pada tahun 1998 bersama patner utama Edwin Soeryadjaya. Berkat ke dua perusahaan tersebut, ia dinobatkan Majalah Globe Asia sebagai orang terkaya Indonesia ke 122 pada 2007, dan menjadi "Entrepreneur of The Year" dari Enterprise Asia untuk predikat pengusaha terbaik. Kekayaannya meningkat cepat dan tercatat menjadi orang terkaya No 29 Indonesia pada 2009 versi majalah Forbes.


Keberhasilan seperti ini tentu tidak terlepas dari tanggal lahirnya yang memiliki persyaratan sangat baik seperti di atas. Elemen diri Kayu besar, duduk di atas hewan Shio Anjing dengan pilar bulan Tikus, diperkirakan lahir pada jam Kerbau, sehingga membuat sistem tanggal lahir menyukai elemen Logam yang muncul pada periode hidup dan tahun berjalannya. Keberadaan Anjing dan Kerbau dalam tanggal lahirnya bisa memberikan informasi tentang batu bara. Kayu kecil Yi di atas jam sekaligus menunjukan informasi perusahaan Re-Capital.


Ketika berada pada periode hidup Api kecil Ding, energi apinya terlepas, sehingga Anjing tidak cukup kuat mengendalikan Ayam, malah terganggu oleh Kerbau dari cabang bumi Tahun, maka terjadilah kebangkrutan tempat kerjanya. Namun kekuatan Api segera tercover oleh Macan pada tahun berikutnya, bahkan menjadi jauh lebih baik. Ketika tiba periode Monyet Api, Monyet - Ayam dan Anjing membentuk energi logam super dahsyat, yang mana semuanya diterima dirinya melalui Kerbau (Gudang Logam).

祥瑜04 Jan’12

Eka Tjipta Widjaya

Apakah anda mengenal orang yang memiliki nama besar di atas ? Beliau orang super kaya Indonesia bahkan Asia. Dari tahun 80 an, ia sudah menempati urutan 3 besar orang terkaya di Indonesia, bahkan hingga kini. Daftar peringkat yang dikeluarkan majalah Fober 2011 masih menempatkan Eka pada urutan ke 3 ! Suatu prestasi sangat luar biasa, bagaimana bisa ia mempertahankan peringkat kekayaannya yang begitu hebat selama puluhan tahun ? Tentu saja, orang sehebat ini perlu kita pelajari tanggal lahirnya.
Eka Tjipta Widjaya lahir pada tanggal 3 Oktober 1923 tengah malam di propinsi Quanzhou, Tiongkok. Hasta Aksaranya seperti dibawah ini :
Air yang dalam Hasta Aksara Eka berarti Harta menempati diri pada pilar tahun dan cabang bumi jam, mengepung Logam yang berfungsi menghasilkan harta. Sebuah kayu besar Jia berada di atas batang langit Jam, ia mengendalikan semua harta lalu menggabungkan diri dengan diri, sehingga semua Harta dan benda menjadi milik dirinya seorang. Logam menghidupkan air dalam tanggal lahirnya menginformasikan kejayaan industri, sedangkan kayu Jia mewakili pengendalian pasar. Penyatuan Tikus, Babi dan Ayam bisa mewakili cairan 'Minyak Makan', Tikus kayu Jiazi adalah kayu terendam dalam air, lalu menghasilkan serat, ditambah tanah kecil Ji, itulah gambaran kertas. Karena itu tidak heran jika ia disebut sebagai raja kertas dan raja minyak makan.

Eka dari kecil sudah memiliki bakat dagang yang hebat, namun pada periode Kuda (1955 - 1959) pernah salah berinvestasi, itu disebabkan hubungan interaksi Po antara Kuda dan Ayam, dimana Kuda mewakili modal sekaligus adalah Hokki (Lu) dan Ayam adalah bagian dari dirinya, Hokki terganggu, tentu harus mengalami kerugian. Namun hingga periode hidup Naga Api (1970 - 1979), Naga mempersatukan semua elemen pada cabang buminya, berbarengan dengan digerakkannya repelita pertama oleh pemerintah, bisnis Eka berkembang sangat pesat, bahkan juga ke sektor lainnya seperti perbankan.

Puncak keberhasilan Eka terletak pada periode hidup Kayu Jia (1990 - 1994), sesuai dengan informasi dalam Hasta Aksaranya, Kayu Jia membawa semua harta dan alat penghasil harta pada dirinya, paruh awal 90 an itu, keberhasilannya sangat mencenggangkan. Tahun 1990 mengundurkan diri dari perusahaan patungan dengan Salim Group Bimoli, dan mendirikan usaha sendiri Filma. Hanya dalam waktu 3 tahun ia berhasil melampaui Bimoli. 91 menjalin kerja sama dengan Korea Selatan. 92 menjalin kerja sama dengan Australia. 93 mendapat pengakuan sebagai raja kertas. Juga pada sekitar 92, ia mengantikan posisi William Suryajaya menempati urutan 2 terkaya Indonesia setelah Sudono Salim.
 祥瑜04 Jan’12

Batang langit dan Cabang bumi

10 Batang langit telah dikembangkan di Tiongkok sejak sangat awal, menurut catatan Wu Hang Da Yi (五行大義), bantang langit ditetapkan oleh Da Nao (大撓), pejabat pada masa raja Kuning (黃帝) pada sekitar 2.679 BC.

Batang langit pada masa itu digunakan untuk mencatat jumlah, kemudian berkembang menjadi simbol pendata kasus, lalu diterapkan dalam peramalan untuk membantu memecahkan masalah. 10 Batang langit didapat dari hasil mengamati siklus pertumbuhan makluk di dunia ini, mereka terdiri dari :
甲 (Jia) adalah Kayu besar, ibarat pohon.
乙 (Yi) adalah Kayu kecil, seperti bunga dan rumput.
丙 (Bing) adalah Api besar, seperti Matahari.
丁 (Ding) adalah Api kecil, seperti Lilin atau lampu dalam ruangan.
戊 (wu) adalah Tanah besar, seperti tanah keras yang gersang.
己 (Ji) adalah Tanah kecil, seperti tanah sawah yang subur berair.
庚 (Geng) adalah Logam besar, seperti kampak dan pisau yang tajam.
辛 (Xin) adalah Logam kecil, seperti perhiasan yang indah.
壬 (Ren) adalah Air besar, seperti air laut yang bergelora.
癸 (Gui) adalah Air kecil, seperti air embun yang lembut.

Batang langit berarti tonggak penopang langit. Bijaksanawan Tiongkok kuno memiliki pengertian langit melapis di atas bumi, terdapat lima buah gunung yang berfungsi sebagai tonggak langit, dimana di Utara terdapat Gunung Heng (恒山), di Barat terdapat Gunung Hua (華山), di Tengah terdapat Song Shan (嵩山), di Timur terdapat Gunung Tai (泰山) dan terakhir di Selatan terdapat Gunung Heng (衡山). Perhatikan, laval ucapan untuk gunung di Utara dan yang di Selatan sama, yaitu Heng, tetapi bentuk karakter dan maknanya sama sekali berbeda. Heng yang di Utara berarti Bertahan dalam waktu lama atau keabadian, sedangkan Heng yang di Selatan memiliki arti keseimbangan. Jadi Gunung Heng di Utara memiliki fungsi menahan arus udara dingin dari kutub Utara, agar tidak masuk ke wilayah Tiongkok, sedangkan Gunung Heng yang ada di Selatan memiliki fungsi menjaga keseimbangan cuaca, yaitu memayungi sinar matahari yang terlalu terik pada musim panas dan meloloskan sinar matahari yang hangat pada musim dingin.

Untuk mengimbangi batang langit, maka terciptalah cabang bumi. Bedanya batang langit hanya 10, sedangkan cabang bumi ada 12, perbedaan ini terdapat di elemen tanah, pada batang langit tanah hanya dua, sedangkan di cabang bumi elemen tanah ada empat. Hal itu dipecah untuk menunjukkan perbedaan sifat tanah di wilayah Timur dan Selatan yang subur berair dan tanah di wilayah Barat dan Utara yang keras dan gersang.

12 Cabang bumi biasanya juga kita sebut sebagai 12 Shio, terdiri dari :
Macan (寅 / Yin) berelemen Kayu besar seperti pohon besar.
Kelinci (卯 / Mao) berelemen Kayu kecil seperti kembang dan ilalang.
Naga (辰 / Chen) berelemen Tanah besar lembab di tepi air.
Ular (巳 / Si) berelemen Api besar seperti matahari.
Kuda (午 / Wu) berelemen Api kecil seperti bintang.
Kambing (未 / Wei) berelemen Tanah kering kecil yang berpasir.
Monyet (申 / Shen) berelemen Logam besar seperti senjata.
Ayam (酉 / You) berelemen Logam kecil seperti perhiasan indah.
Anjing (戌 / Xu) berelemen Tanah kering besar yang keras.
Babi (亥 / Hai) berelemen Air besar seperti di laut dan sungai.
Tikus (子 / Zi) berelemen Air kecil seperti rintik hujan dan embun.
Kerbau (丑 / Chou) berelemen Tanah kecil lembab yang subur.

Karena langit dan bumi pada dasarnya menumpuk (melapis), maka batang langit dan cabang bumi juga ditumpuk menjadi satu untuk menunjukkan kesamaan dengan langit dan bumi, dimana batang langit di atas dan cabang bumi di bawah, yang besar (bersifat positf) dengan yang besar dan yang kecil (bersifat negatif) dengan yang kecil, maka dihasilakan 10 x 12 / 2, yaitu 60 pasang pilar batang dan cabang.

60 pasang pilar batang dan cabang terdiri dari 6 kelompok (a - f), yaitu :
a.      Tikus Kayu 甲子, Kerbau Kayu 乙丑, Macan Api 丙寅, Kelinci Api 丁卯, Naga Tanah 戊辰, Ular Tanah 己巳, Kuda Logam 庚午, Kambing Logam 辛未, Monyet Air 壬申, Ayam Air 癸酉, sisanya Anjing dan Babi adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
b.      Anjing Kayu 甲戌, Babi Kayu 乙亥, Bing Zi 丙子, Ding Chou 丁丑, Wuyin 戊寅, Ji Mao 己卯, Geng Chen 庚辰, Xin Si 辛巳, Ren Wu 壬午, Gui Wei 癸未, sisanya Monyet dan Ayam adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
c.       Monyet Kayu 甲申, Ayam Kayu 乙酉, Anjing Api 丙戌, Babi Api 丁亥, Tikus Tanah 戊子, Kerbau Tanah 己丑, Macan Logam 庚寅, Kelinci Logam 辛卯, Naga Air 壬辰, Ular Air癸巳, sisanya Kuda dan Kambing adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
d.      Kuda Kayu 甲午, Kambing Kayu 乙未, Monyet Api 丙申, Ayam Api 丁酉, Anjing Tanah 戊戌, Babi Tanah 己亥, Tikus Logam 庚子, Kerbau Logam 辛丑, Macan Air 壬寅, Kelinci Air 癸卯, sisanya Naga dan Ular adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
e.      Naga Kayu 甲辰, Ular Kayu 乙巳, Kuda Api 丙午, Kambing Api 丁未, Monyet Tanah 戊申, Ayam Tanah 己酉, Anjing Logam 庚戌, Babi Logam 辛亥, Tikus Air 壬子, Kerbau Air 癸丑, sisanya Macan dan Kelinci adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
f.        Macan Kayu 甲寅, Kelinci Kayu 乙卯, Naga Api 丙辰, Ding Si 丁巳, Kuda Tanah 戊午, Kambing Tanah 己未, Monyet Logam 庚申, Ayam Logam 辛酉, Anjing Air 壬戌, Babi Air 癸亥, sisanya Tikus dan Kerbau adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.

Jakarta, 12 Januari 2012

 祥瑜04 Jan’12

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar